Rabu, 12 Mei 2010

Mengidentifikasi dosen yang pernah diambil, apakah dosen tersebut merupakan seorang manager yang baik atau tidak ?

Mengidentifikasi dosen yang pernah diambil, apakah dosen tersebut merupakan seorang manager yang baik atau tidak ?
Dosen yang kami identifikasi merupakan seorang manager yang baik, karena dosen tesebut memiliki dan menjalankan fungsi utama manager , yaitu:
1.Perencanaan atau penyusunan strategi perkuliahan oleh dosen kepada mahasiswa :

-Menentukan tujuan perkuliahan dengan memberikan silabus dipertemuan pertama, dimana mahasiswa mampu memahami mata kuliah tersebut sesuai dengan tujuan perkuliahan .
-Mengidentifikasi cara perkuliahan yang baik, memberikan penjelasan secara sederhana kepada mahasiswa namun penjelasan tersebut dapat memberikan wawasan yang luas.
-Membagi tanggung jawab kepada mahasiswa berupa tugas individu maupun kelompok, kehadiran, dan keaktifan mahasiswa didalam kelas.
-Mengukur keberhasilan tanggung jawab yang diberikan kepada mahasiswa.
-Mempunyai strategi guna menentukan tujuan perkuliahan atau mencapai tujuan pembelajaran tersebut.
- Membuat perencanaan perkuliahan yang jelas dan spesifik,yaitu mengadakan kuis disetiap akhir bab.

2.Pengorganisasian kegiatan perkuliahan :
-Membagi dan mengatur mahasiswa yang ada untuk mencapai tujuan perkuliahan, yaitu membentuk kelompok untuk mengerjakan tugas .
-Memberikan contoh – contoh konkret dalam kehidupan masyarakat sehari – hari ketika menjelaskan materi, sehingga mahasiswa dapat dengan mudah mengerti dan memahami materi.
-Mahasiswa diminta mempelajari bahan kuliah sebelum perkuliahan dimulai.
-Mahasiswa dan dosen diwajibkan untuk hadir tepat waktu, paling lambat 10 menit dimulainya kegiatan perkuliahan .
-Mahasiswa dan dosen diwajibkan memakai pakaian yang sopan dan bersepatu.
-Mahasiswa diwajibkan mengumpulkan tugas tepat pada waktu dan syarat yang telah ditentukan.
-Mahasiswa tidak diperbolehkan mengaktifkan telepon selular dan berbicara hal – hal yang tidak ada kaitannya dengan materi, karena dapat mengganggu kegiatan perkuliahan.

3.Pengendalian kegiatan perkuliahan :
-Memberikan penilaian secara objektif kepada mahasiswa sesuai kemampuan
-Membandingkan hasil kuis, tugas, UTS, UAS yang telah dicapai dengan yang direncanakan
-Melihat apakah tujuan pembelajaran telah tercapai
-Menciptakan bonus nilai untuk mahasiswa yang aktif, memberikan apresiasi bagi mahasiswa yang selalu hadir dari awal sampai akhir pertemuan
-Mahasiswa yang kehadirannya kurang dari 75% tidak diperkenankan mengikuti Ujian Akhir Semester.

4.Pengarahan dan pengembangan kegiatan perkuliahan :
-Memotivasi, mempengaruhi dan mengarahkan mahasiswa untuk belajar secara produktif dalam mencapai tujuan pembelajaran.
-Mempengaruhi mahasiswa saat mahasiswa tidak semangat dan mendapatkan hasil yang tidak memuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar